Tips Menghindari Munculnya Jerawat Saat Menggunakan Masker

Pada Rabu, 15 Juli 2020, Dibaca: 1260 kali

Share:

Penggunaan masker wajah merupakan salah satu hal wajib yang harus dipatuhi pada saat pandemi COVID-19 seperti saat ini ya, Princess. Tapi penggunaan masker dalam waktu lama terkadang justru bisa memicu pertumbuhan jerawat. Jadi, bagaimana sih caranya agar kulit kita bisa tetap bersih dari jerawat meskipun harus menggunakan masker dalam waktu lama? Simak artikelnya sampai habis ya!


1. Pilih bahan masker yang lembut dan menyerap keringat

Penggunaan masker seringkali menyebabkan area sekitar mulut, hidung, dan pipi menjadi lebih mudah berkeringat. Keringat tersebut juga bisa memicu tersumbatnya kotoran yang berperan pada kemunculan jerawat. Untuk itu, pemilihan bahan masker juga menjadi faktor yang sangat penting. Pilihlah bahan masker yang lembut, tidak pengap, dan bisa menyerap keringat ya, Princess.


2. Ganti masker sesering mungkin

Meskipun kamu sudah memilih masker dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat, kamu tetap perlu mengganti masker yang kamu gunakan sesering mungkin, Princess. Hal ini mengacu pada rekomendasi berbagai lembaga kesehatan yang menganjurkan untuk mengganti masker maksimal 4 jam sekali. Penggantian masker juga menghindari kulit kamu agar tertempel keringat dan kotoran terlalu lama, Princess. Sehingga kulit kamu tidak mudah terkena jerawat.


3. Hindari menggunakan makeup yang terlalu tebal pada bagian wajah yang tertutupi masker

Menggunakan masker memang bukan halangan untuk tetap menggunakan makeup. Tapi jika kulit sedang dalam keadaan rentan mengalami jerawat, ada baiknya untuk mengurangi makeup yang kamu gunakan untuk sementara waktu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat sehingga jerawat juga tidak akan muncul deh.


4. Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari ya, Princess. Penggunaan masker seringkali membuat kita menjadi mudah lelah karena proses bernapas yang lebih sulit dilakukan dibandingkan saat tidak menggunakan masker. Selain itu, konsumsi air yang cukup akan menghindarkan kamu dari kulit dehidrasi dan produksi sebum berlebihan, sehingga kamu akan terhindar dari jerawat deh.


5. Hindari menyentuh-nyentuh wajah

Menyentuh wajah adalah salah satu aktivitas yang bisa menjadi proses distribusi kotoran ke permukaan kulit. Tak heran, salah satu faktor yang berperan penting dalam mencegah timbulnya jerawat adalah menghindari menyentuh kulit wajah. Selain itu, menghindari menyentuh wajah juga melindungi kita dari kemungkinan tertular COVID-19 lho, Princess.


6. Bersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan untuk mencegah kemunculan jerawat adalah dengan rutin membersihkan kulit sebelum dan sesudah menggunakan masker. Rutinitas ini bisa menjaga kulit kamu agar tetap bersih selama menggunakan masker. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengangkat minyak berlebih dan keringat yang menempel setelah menggunakan masker seharian, Princess.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa Hayyana berikan kepada kamu agar terhindar dari kemunculan jerawat saat menggunakan masker. Tetap gunakan masker kamu kemana pun kamu pergi ya, Princess. Karena bagaimana pun juga, kesehatan adalah yang nomor satu!

Sehat selalu ya, Princess!



PHONE NUMBER

0274 - 6429197

EMAIL ADDRESS

info@hayyana.co.id

OFFICE

Jl Kaliurang Km. 7,5 No 42 Yogyakarta

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER

Subscribe to our e-mail newsletter and take advantage of the promotions

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Filename: hayyana2017/visitor_counter.php

Line Number: 9