Kenali Jerawat Di Wajahmu & Tips Mengatasinya

Pada Senin, 08 Juli 2024, Dibaca: 156 kali

Share:

Kenali Jerawat di Wajahmu & Tips Mengatasinya

 

Pernahkah kamu ngerasa bete dan kesel karena jerawat yang muncul secara tiba-tiba dan di waktu yang ga tepat? Mungkin sebagian dari kalian akan berpikir bahwa ini merupakan pertanda datang bulan akan segera tiba. 


Memang benar peningkatan hormon progesteron menjelang haid mampu memicu peningkatan sebum atau minyak alami pada wajah. Dan permasalahan jerawat ini menjadi salah satu penyebab kurangnya kepercayaan diri saat mengenakan riasan atau berinteraksi di keramaian. Namun bagaimana jika jerawat muncul bukan karena pertanda datang bulan? Yuk, kenali apa itu jerawat, penyebab, dan cara mengatasinya!

 

 

Sebelum lebih jauh, yuk kenalan dulu sama jerawat!


Jerawat umumnya pertama kali muncul pada masa pubertas karena perubahan hormon baik itu pada laki laki maupun perempuan di usia 10-18 tahun dan menjadi masalah kulit yang sangat umum pada usia 11-30 tahun, setidaknya setiap orang pernah mengalami kondisi kulit berjerawat. 


Jerawat umumnya muncul karena terjadi penyumbatan pada pori pori yang di sebabkan tumpukan minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan sebagainya. Kebiasaan umum yang kerap menjadi penyebab jerawat datang ialah penggunaan produk pembersih wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit dan tidak membersihkan make up atau riasan pada wajah sampai tertidur. 

 

Penyebab Jerawat


Jerawat memang timbul karena perubahan hormon pada tubuh, dan penyebab umumnya adalah karena kamu lalai membersihkan kulit, terutama pada wajah serta pemilihan produk pembersih yang kurang cocok dengan kondisi kulitmu. 


Kebiasaan begadang atau tidak memiliki kualitas waktu tidur yang cukup menyebabkan peradangan pada kulit semakin memburuk, dan menyebabkan kondisi dimana kamu merasa lelah hingga stres. Keadaan ini akan menyebabkan peningkatan hormon kortisol, yang meningkatkan produksi minyak berlebihan pada kulit.

 

Princess, kamu sering jerawatan di bagian dagu? Pemicu jerawat pada dagu ini adalah hormon testosterone yang akan meningkat ketika kamu kurang tidur. Kurang tidur atau kebiasaan begadang menimbulkan penurunan imun tubuh menjadi tidak optimal, kondisi seperti ini membuat tubuh tidak mampu melindungi kulit dari bakteri atau kuman yang memicu jerawat, hingga penyumbatan folikel akibat bakteri serta dan kuman mampu memicu infeksi pada kulit yang memperburuk jerawat. Selain menjaga pola tidur, kamu juga harus membatasi beberapa makanan agar terhindar dari jerawat.


Tips Mengatasi Masalah Jerawat

Princess, kamu bisa coba beberapa tips ini supaya terhindar dan mengurangi masalah kulit berjerawat lohh.

 

1.     Menjaga kebersihan kulit

2.     Penggunaan kosmetik sesuai keadaan kulit

3.     Tidak memencet jerawat

4.     Hindari benda mengandung minyak pada wajah, seperti handphone dan tangan

5.     Hindari paparan sinar matahari secara langsung

6.     Hindari kebiasaan begadang

7.     Konsumsi air putih yang cukup

8.     Konsumsi buah dan sayur

9.     Mengelola stres dengan baik

10.  Rutin berolahraga

 

Kamu juga dapat mencoba Royal Golden Cocoon Moist Acne Cream dari hayyana, karena mengandung Tea Tree Oil dan herbal extract sebagai antiacne serta Extract Blueberry sebagai antibacteri yang dapat membantu merawat kulit berjerawat.

Produk ini juga diperkaya dengan moisturizing herbal yang mampu menjaga kelembaban kulit wajah, dan sudah ter-verifikasi BPOM.



SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER

Subscribe to our e-mail newsletter and take advantage of the promotions

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Filename: hayyana2017/visitor_counter.php

Line Number: 9